Hari Ini:

Sabtu 23 Jun 2018

Jam Buka Toko:

08.00 s/d 16.30 WIB

Telpon:

089668636870

SMS/Whatsapp:

087832133637

Line ID:

085640220094

Email:

phoscctv@gmail.com

CONTACT PERSON

YOHAN

 SMS  : 087832133637
 BBM  : D0B2C293
 WA   : +6287832133637
 24Hours, 7Days/Week

Email: yohan@phoscctv.com

Temukan kami di

Pembayaran Melalui

Berbagai Macam Mesin Absensi Untuk Kantor

23 Desember 2017 - Kategori Blog

Salah satu komponen yang harus tersedia dalam menjalankan perusahaan adalah, tersedianya sebuah sistem absensi. Sistem absensi bisa dilakukan secara manual, namun tentu saja hal ini memiliki banyak kekurangan, dan sangat tidak efektif jika dihadapkan pada jumlah karyawan yang sangat banyak. Menanggapi hal tersebut maka diciptakanlah sebuah perangkat yang bisa menjalankan sistem absensi dengan otomatis dan tingkat akurasi yang tinggi. CCTV murah semarang

Perkembangan Mesin Absensi

Sistem absensi sendiri mulai berkembang dari hal yang paling manual, dan sederhana yaitu dengan pencatatan tulis tangan. Seiring dengan peningkatak kuantitas karyawan hal tersebut menjadi tidak efektif karena menyita banyak waktu dan tentu saja hal tersebut tidak sebanding dengan kualitas yang dihasilkan. Oleh sebab itu,hal tersebut mendorong diciptakannya berbagai pengembangan teknologi untuk menciptakan sebuah sistem yang lebih efektif dan efisien.

Hingga saat ini sudah banyak teknologi dan modifikasi yang diciptakan guna mendapat performa sistem yang optimal. Tentu dengan tujuan yang lebih jauh adalah untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas selama bekerja di perusahaan tersebut.

Berbagai Macam Mesin Absensi Untuk Kantor 

Tercatat beberapa mesin absensi telah dibuat, seiring dengan perkembangan teknologi beserta berbagai macam kecanggihannya. Berikut beberapa mesin absensi yang saat ini lazim digunakan,

Mesin Absensi Kartu Manual

Bisa jadi ini adalah salah satu pelopor diciptakannya mesin absensi. Sebuah mesin absensi dengan menggunakan kartu sebagai media identifikasinya, dan sebuah perangkat yang bekerja bahkan tanpa bantuan listrik. Sistem absensi jenis ini bisa di bilang cukup klasik, namun di beberapa tempat masih digunakan, karena memang benar-benar efisien dan hemat ruang dan energi.

Akan tetapi, mesin yang satu ini memliki kendala yang cukup serius jika dihadapkan pada jumlah karyaawan yang banyak, karena prosesnya yang masih manual dan mesinnya yang belum terlalu canggih menjadikan sistem ini sangat tidak direkomendasikan untuk penggunaan yang bersifat masif.

Mesin Absensi Fingerprint

Termasuk dalam salah satu terobosan terbaru dan tercanggih mesin absensi CCTV murah semarang akhir-akhir ini. Mesin ini bekerja dengan cara mengidentifikasi sidik jari sebagai tanda pengenal setiap karyawannya. Dengan sistem ini, proses absensi akan berjalan lebih cepat dan akurat dibandingkan dengan mesin absensi manual, dan tentu saja hal tersebut cocok dengan kebutuhan perusahaan yang memiliki banyak karyawan.

Selain itu kelebihan lain yang dimiliki mesin absensi CCTV murah semarang yang satu ini adalah sistemnya yang terintegrasi dengan komputer, sehingga terhindar dari berbagai kemungkinan terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh karyawan. Hal tersebut disebabkan sarana identifikasi yang menggunakan sidik jari yang terbilang sulit untuk di manipulasi.

Namun, meskipun demikian mesin dengan tingkat yang canggih sekalipun tidak terhindar dari kekurangan. Kekurangan sistem yang satu ini adalah penampang sidik jari yang sangat sensitif sehingga rentan mengalami kerusakan.

Mesin Absensi Biometrik

Memiliki fungsi yang hampir menyerupai sistem absensi sidik jari, namun dengan fitur yang lebih luas, dimana proses identifikasi dilakukan tidak hanya melalui sidik jari, akan tetapi dengan wajah, retina atau yang lain sebagainya.

Meski memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi, namun mengingat mesin ini sebagai salah satu mesin absensi tercanggih, harga yang dibanderol mesin ini masih relatif lebih mahal dibandingkan dengan perangkat lainnya.

Mesin Absensi Digital

Mesin memiliki tampilan deretan tombol dan sebuah layar kecil untuk membaca proses input ID karyawan. Mesin absensi CCTV murah semarang  ini memang digunakan dengan sistem input ID secara manual, dengan sistem yang terintegrasi dengan komputer. Sistem kerja demikian memang menjadi lebih terjamin dari kesalahan sistem dalam membaca identitas, sebab setiap karyawan akan memiliki kode identitasnya masing-masing.

Kekurangan yang dimiliki mesin dengan sistem ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses input ID relatif lebih lama, bahkan lebih lama jika dibandingkan dengan mesin absensi manual. Hal ini sekaligus menjadikan mesin absensi ini sebaiknya digunakan pada area-area tertentu yang lebih spesifik, dan bukan area yang diakses oleh banyak karyawan. Karenanya, meskipun memiliki tingkat akurasi yang tinggi, namun tetap tidak cocok untuk kebutuhan karyawan yang banyak.

Mesin Magnetic Card

Mesin absensi CCTV murah semarang  lainnya adalah dengan menggunakan megnetic card untuk melakukan identifkasi terhadap karyawan. Penggunaan magnetic card ini terbilang sangat cepat, hampir sebanding dengan penggunaan sidik jari. Apa lagi kartu magnetic ini bisa dintegrasikan dengan kartu identitas karyawan sehingga meminimalisir terjadinya kelalaian, seperti lupa atau tertinggal. Pun sama halnya dengan sistem terbaru, yang juga terintegrasi dengan sistem komputer, sehingga memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi.

Sedangkan kekurangan yang dimiliki oleh sistem ini adalah potensi kerusakan yang cukup tinggi, terutama pada perangkat pembaca jika digunakan dalam rentang waktu tertentu dan dalam jumlah karyawan yang banyak.

Mesin Absensi Berbasis Web

Salah satu mesin yang memiliki fungsi cukup unik karena berbeda dengan mesin-mesin yang telah dibahas sebelumhya. Absensi berbasis web CCTV murah semarang ini sejatinya bukanlah mesin, melainkan hanya sebuah sistem aplikasi yang mengandalkan koneksi internet dalam penggunaannya. Absensi jenis ini cocok digunakan bagi karyawan yang bekerja di lapangan atau di lokasi cabang yang jauh dengan perusahaan tempat sistem absensi terpusat. Dengan demikian proses absensi bisa dilakukan tanpa harus hadir secara fisik di perusahaan tersebut.

Sistem ini memiliki kekurangan, dimana aktifitas absensi yang mengandalkan koneksi internet. Sementara koneksi internet terutama jika tengah bekerja di lapangan sangat riskan terjadi penurunan kualitas, sehingga terkadang proses absensi menjadi terganggu.

Share

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,