Hari Ini:

Senin 11 Dec 2017

Jam Buka Toko:

08.00 s/d 16.30 WIB

Telpon:

089668636870

SMS/Whatsapp:

087832133637

Line ID:

085640220094

Email:

phoscctv@gmail.com

CONTACT PERSON

YOHAN

 SMS  : 087832133637
 BBM  : D0B2C293
 WA   : +6287832133637
 24Hours, 7Days/Week

Email: yohan@phoscctv.com

Temukan kami di

Pembayaran Melalui

Networking

11 April 2017 - Kategori Blog

Kali ini CCTV murah semarang akan membahas tentang Networking

Mungkin anda masih bertanya-tanya

  1.  apa sih networking/jaringan itu ?
  2. mengapa perlu networking
  3. siapa yang mengatur networking itu ?
  4. apa saja alat-alat penting dalam networking itu ?
  5. Bagaimana cakupan /area dari jaringan tersebut ?

1. Apa sih networking itu ?

NETWORKING Merupakan “jaringan antar komputer” yang menghubungkan “suatu komputer” dengan “komputer lainnya” di dalam jaringan oleh “alat-alat jaringan”.

 

Dalam dunia komputer, Networking adalah praktek menghubungkan dua atau lebih perangkat komputerbersama-sama untuk tujuan berbagi (sharing) data serta berbagai manfaat lainnya (resources). Jaringan (Networking) dibangun dengan perangkat keras komputer (hardware) atau fisik dan perangkat lunak komputer (software) logik.
2. Mengapa perlu networking ?
Networking sangat dibutuhkan ,terutama pada zaman yang semakin lama semakin canggih seperti ini ,karena jaringan itu tentu sangat penting untuk berlangsungnya hubungan atau komunikasi antar komputer. misalnya saja untuk berbagi atau sharing printer , tidak mungkin setiap komputer memiliki printer satu-satu, makannya dibuatlah jaringan komputer itu untuk berbagi penggunaan printer secara bersama-sama. Dan juga berfungsi untuk sharing internet ,satu komputer (server) dapat ip address dari isp ,lalu si server itu membagikan koneksi internet ke client” dikantornya . CCTV murah semarang

3. Siapa yang mengatur networking itu ?

Yang mengatur kerja dari networking itu namanya adalah Network Administrator ,Network Engineering , yang paling sering orang sebut ya IT ( Information and Technology ). Yaitu orang” tertentu yang bertugas mengurus server ,maupun me-maintenance jaringan ,Security jaringan ,Ngonfig Router ,switch, dsb. CCTV murah semarang

4. Apa saja alat-alat penting dalam networking itu ?

 Bicara tentang alat-alat ,pasti tidak jauh dari Hardware (perangkat keras).
Macam” alat jaringan adalah :

  • ROUTER

Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, alat ini sangatlah penting untuk meneruskan jaringan satu ke jaringan lainnya yang berbeda kelas/subnet/ip. melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

  • SWITCH

Switch adalah perangkat jaringan komputer yang bekerja di OSI Layer 2, Data Link Layer. Switch kerjanya sebagai penyambung atau concentrator dalam Jaringan komputer. Switch mengenal MAC Adressing shingga dia bisa memilah paket data mana yang akan di teruskan/dilanjutkan ke mana.

  • ACCESS POINT

Access point adalah perangkat yang digunakan sebagai pembuat koneksi wireless pada jaringan komputer.

Fungsi Access point diantaranya: Sebagai perangkat jaringan yang berfungsi membuat jaringan komputer tanpa kabel, atau biasa disebut WI-FI (Wireless Fidelity)

  •  NIC

Nih yang tidak kalah penting ,yaitu nic . iya penting ,jika tidak ada nic tidak bisa nyolok kabel rj-45 untuk terhubung ke jaringan
NIC adalah singkatan dari Network Interface Card yaitu sebuah kartu yang fungsinya sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Cara kerja NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.

5. Bagaimana cakupan /area dari jaringan tersebut ?

Untuk menyusun Jaringan ini diperlukan perencanaan dari Jaringan yang dibangun yang disebut topology Jaringan. Scope jaringan itu sendiri dibagi menjadi 3. yaitu : LAN, MAN , dan WAN.

  • LAN

Local Area Network atau LAN, merupakan suatu Jenis Jaringan Komputer dengan mencakup wilayah lokal. Dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.

Contoh dari jaringan LAN seperti komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, di perusahaan, Warnet, maupun antar rumah tetangga yang masih mencakup wilayah LAN.

  • MAN

Metropolitan Area Network atau MAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari Jenis Jaringan Komputer LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena Jenis Jaringan Komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya.
Untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer. Contohnya seperti jaringan Depdiknas antar kota atau wilayah dan juga jaringan mall-mall moderen yang saling berhubungan antar kota .

  • WAN

WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain. WAN juga sering disebut jaringan INTERNET seperti saat ini .

Share

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,