Hari Ini:

Senin 11 Dec 2017

Jam Buka Toko:

08.00 s/d 16.30 WIB

Telpon:

089668636870

SMS/Whatsapp:

087832133637

Line ID:

085640220094

Email:

phoscctv@gmail.com

CONTACT PERSON

YOHAN

 SMS  : 087832133637
 BBM  : D0B2C293
 WA   : +6287832133637
 24Hours, 7Days/Week

Email: yohan@phoscctv.com

Temukan kami di

Pembayaran Melalui

Pentingnya Access Control untuk sistem keamanan Bangunan dan Property

04 Desember 2017 - Kategori Blog

Meningkatkan sistem keamanan bagi pemilik  bangunan dan property merupakan salah satu cara meningkatkan keamanan bisnis bagi para pelaku usaha. Keamanan gedung baik di dalam ataupun di luar ruangan menjadi sangat penting bagi kelangsungan sebuah bisnis. Sistem keamanan Access Control  akan sangat membantu meminimalisir sebuah masalah sistem keamanan dalam gedung / ruangan dari kemungkinan adanya orang lain yang masuk tanpa seizin pemilik bangunan atau property.
Di dalam artikel ini CCTV murah semarang akan mempelajari teknologi Access Control yang tersedia bagi pemilik bangunan dan property  dalam kelangsungan proses bisnis , kemudian kita akan melihat lebih dekat bagaimana sistem ini  dapat membantu anda meningkatkan keamanan bangunan dan property.
Sebuah sistem keamanan Access Control memungkinkan pemilik bangunan dan property untuk melakukan lebih dari sekedar mengontrol masuk ke daerah yang diproteksi. Sistem ini juga dapat membuat catatan history atau informasi secara elektronik mengenai siapa saja yang masuk ke dalam ruangan yang sudah diproteksi.  Dengan adanya cacatan informasi tersebut membantu pemilik usaha mengidentifikasi siapa saja yang masuk ke ruangan pada waktu-waktu tertentu.Hal ini tentu akan lebih membantu pemilik usaha untuk bisa lebih mengetahui tentang siapa yang masuk pada jam tertentu ketika terjadi sebuah insiden, misalnya seperti adanya kasus kehilangan aset dikarenakan pencurian ataupun hal yang tidak diinginkan di luar dugaan.
Ada beberapa metode verifikasi pada sistem Access Control yang cocok digunakan, dan itu merupakan pilihan bagi anda yang menginginkan sistem keamanan seperti apa yang anda perlukan sesuai dengan kebutuhan serta budget yang anda miliki tentunya.

Di sini kami akan menjelaskan beberapa metode verifikasi pada sistem Access Control yang umumnya digunakan pada saat ini.
1)    Metode Verifikasi Access Control  menggunakan Mesin Kartu Strip Magnetic
Untuk jenis kartu ini memuat strip magnetic yang berisi informasi mengenai informasi pemegang kartu. Untuk setiap pengguna kartu jenis ini diberikan ID unik  dan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Contoh jenis kartu ini mungkin anda bisa melihat pada jenis kartu ATM yang anda miliki. Dewasa ini penggunaan jenis kartu serta mesin tersebut pada sistem Access Control sudah jarang ditemui, dikarenakan untuk verifikasi kartu ini harus digesek pada bagian mesin, sedangkan teknologi pada saat ini sudah tergantikan dengan metode swipe / tempel kartu dengan menggunakan Proximity Card / Smart Card

2)    Metode Verifikasi Access Control menggunakan Mesin Scanner Biometric
Jenis sistem ini mengharuskan pengguna / user untuk memasukan informasi menggunakan aspek biologis yang melekat pada pengguna/ user. Contoh dari jenis ini yang umum dan banyak digunakan adalah mesin Access Control yang menggunakan verifikasi menggunakan Sidik Jari / Fingerprint dan juga deteksi Wajah / Face ID. Selain itu ada juga mesin yang menggunakan verifikasi yang lain seperti retina mata ataupun suara. Hanya saja untuk tipe mesin ini masih membutuhkan investasi yang cukup tinggi baik dari segi biaya dan pengadaannya.

3)    Metode Verifikasi Access Control menggunakan Mesin Kartu Proximity / Smart card
Pada sistem ini biasanya user dapat memasukkan kode tertentu pada keypad / reader  untuk masuk ke ruangan ataupun wilayah yang diproteksi. Keypad / Reader Elektronik ini tidak mudah untuk diutak-atik, karena untuk memprogram sebuah kartu ke dalam sistem biasanya ada kode tertentu yang unik dan berbeda antara mesin keypad yang satu dengan mesin keypad yang lainnya. Akan tetapi perlu pengubahan kode akses secara periodik dari kode akses aslinya (standar pabrik), untuk mencegah kebocoran informasi kode akses dari pihak-pihak yang tidak berwenang dan berkepentingan. Berbeda dengan mesin yang menggunakan strip magnetic, informasi user terkandung di dalam sebuah microchip, sehingga cendrung lebih aman terhadap kerusakan akibat berdekatan dengan benda-benda yang memiliki sifat magnetik. Selain itu penggunaan jenis kartu ini hanya cukup mudah, hanya ditempelkan saja di depan keypad / reader, tidak perlu digesek seperti halnya mesin yang menggunakan kartu magnetic.

Sebuah sistem keamanan Access Control memiliki beberapa komponen utama. Pada intinya, ada pusat kontrol yang terkomputerisasi dan berisi catatan untuk setiap orang yang memiliki hak akses ke dalam bangunan atau bagian-bagian yang terdapat di dalam ruangan. Pusat kendali berhubungan dengan entry point di seluruh gedung. Poin ini dapat mencakup tidak hanya pintu, tetapi juga lift, pintu putar, gerbang parkir dan sistem akses lainnya. Tidak ada batasan yang tetap untuk jumlah titik yang dapat dipantau dengan cara ini.

Berikut ini adalah cara kerja pada sebuah sistem keamanan: Sistem Akses pada titik masuk yang sudah dilengkapi dengan scanner elektronik  berfungsi untuk memverifikasi informasi yang dimasukkan oleh pengguna / user. Ketika Informasi dimasukkan ke dalam scanner (baik dengan menggesekkan / menempelkan kartu akses atau memasukkan informasi biologis seperti sidik jari, wajah, retina mata, dsb), reader kemudian mentrigger relay informasi ke pusat kontrol. Komputer memverifikasi kredensial keamanan atau menolak entri yang sesuai, dengan melakukan pencatatan log history pada sistem.

Beberapa alasan pentingnya Access Control untuk sistem keamanan

Manfaat yang di dapatkan dari sistem Access Control ini diantaranya:

1)      Mengurangi Biaya Operasional Keamanan, seperti penjagaan ruangan dengan menyewa jasa security / petugas keamanan.

Pada gedung-gedung besar, untuk menyewa jasa petugas keamanan tentu memiliki cost yang tinggi dalam operasional keamanan. Mereka biasanya ditempatkan untuk memonitoring titik-titik penting entry point pada sebuah gedung.Dari sudut pandang seperti ini, bisa dilihat bahwa Access Control dapat mengurangi tingkat biaya operasional kemanan, karena merupakan sebuah perangkat elektronik yang bekerja menggunakan sistem, sehingga sangat efisien dalam penggunaannya.Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah selain pengurangan beban pada biaya operasional keamanan, sistem ini tidak lagi menganut kunci pintu tipe lama yang sudah konvensional. Salah satu contohnya adalah sistem ini menggunakan kartu / proximity card dimana bila terjadi kehilangan kartu akses, dicuri ataupun tidak dikembalikan oleh karyawan / staff yang sudah tidak bekerja lagi ( suhah Resign ataupun kena PHK), anda hanya cukup menghapus identitas kartu si karyawan tersebut, sehingga memberikan rasa aman bagi pemilik perusahaan atau pengelola gedung. Sangat disayangkan,jika anda memiliki gudang penyimpanan yang berisi stok barang dan anda mempekerjakan karyawan yang sudah sangat anda percaya tetapi lupa ( atau bahkan hilang) ketika ditanya tentang kunci gudang tersebut. Mungkin saja anda harus mengganti kunci pintu konvensional anda dengan yang baru, dan tentu saja itu akan mengeluarkan biaya lagi. Karena anda harus berantisipasi jika saja orang yang menemukan kunci yang hilang tersebut akan kembali pada saat tertentu, dan melakukan pencurian. Tentunya sangat merugikan anda bukan? Bandingkan jika anda mengunakan dan memasang alat Access Control , tentukan akan mengurangi resiko dari kerugian anda, karena tidak perlu khawatir apakah anda harus mengganti kunci pintu dengan yang baru, ataupun anda harus khawatir jika kunci itu ditemukan oleh orang lain. Sehingga menghemat biaya dan selamat dari resiko-resiko tersebut.

2)      Membatasi Public Area dan Staff Area Only

Di banyak bangunan seperti kantor-kantor gedung pencakar langit, banyak orang-orang baik karyawan ataupun orang dari luar gedung (visitor), lalu lalang hilir mudik dan memiliki keperluan ataupun kepentingannya masing-masing. Dengan menggunakan alat Acces Control yang sudah terpasang, pengunjung umum (visitor) biasanya dibatasi pada bagian ruang depan, atau sampai dengan ruangan recepcionist. Pada ruangan dalam yang sudah terpasang Access Control, anda tidak perlu khawatir lagi, karena hak akses tersebut hanya bisa dimasuki oleh karyawan/ staff dalam kantor, sehingga aman dari intervensi orang luar.

3)      Kemampuan untuk mencatat Record / Log History masuk dan keluar akses

Manajemen kantor ataupun pengelola gedung biasanya memerlukan bukti otentik berupa report / laporan tentang siapa yang masuk pertama kali ke dalam ruangan dan siapa yang terakhir kali meninggalkan ruangan. Hal ini sangat diperlukan bilamana sewaktu-waktu terjadi insiden ataupun hal-hal yang tidak diinginkan di luar dugaan.

4)      Kemampuan untuk melindungi daerah yang sensitif / diproteksi

Sistem Access Control memungkinkan pengguna / user untuk mengatur berbagai tingkat akses keamanan. Setelah menetapkan metode akses entry point untuk setiap orang yang bekerja di sebuah gedung / bangunan. Izin keamanan tertentu dapat diberikan kepada masing-masing pemegang kartu akses. Misalnya, salah satu pemegang kartu diberikan akses hanya untuk pintu eksterior, pemegang kartu lain dapat diberikan akses ke kedua pintu eksterior ditambah beberapa atau semua pintu interior. Hal ini memungkinkan untuk membatasi karyawan untuk masuk dan keluar dengan mudah namun area yang sensitive/ diproteksi sudah terlindungi. Situasi tertentu juga bisa dilakukan ketika terjadi penanganan ketika Access Control sudah terpasang. Dalam hal masalah keamanan yang paling utama, Access Control elektronik memfasilitasi kuncian keamanan, mencegah semua akses, kecuali mereka yang diberikan hak akses pada tingkat yang tinggi/ tingkatan tertentu. Ini amat membantu permasalahan yang terjadi pada sistem keamanan di dalam gedung

Kesimpulan:

Sistem keamanan Acces Control  relatif sederhana untuk memantau dan memelihara kemanan ruangan. Jika alat tersebut dipasang serta deprogram dengan benar, maka tentu tidak mudah untuk menguatk-atik sistem yang ada, sehingga menciptakan rasa aman, baik bagi pemilik ruangan, bangunan, ataupun pengelola gedung. Jika bisnis anda bergerak di bidang usaha perkantoran ataupun bangunan property, Access Control menjadi pilihan yang sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan anda khususnya di bidang sistem keamanan.

Agar  bangunan dan property anda menggunakan sistem keamanan yang tepat anda bisa hubungi kami atau kunjungi blog CCTV murah semarang

Share

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,