Hari Ini:

Senin 11 Dec 2017

Jam Buka Toko:

08.00 s/d 16.30 WIB

Telpon:

089668636870

SMS/Whatsapp:

087832133637

Line ID:

085640220094

Email:

phoscctv@gmail.com

CONTACT PERSON

YOHAN

 SMS  : 087832133637
 BBM  : D0B2C293
 WA   : +6287832133637
 24Hours, 7Days/Week

Email: yohan@phoscctv.com

Temukan kami di

Pembayaran Melalui

Pinhole Camera

27 Maret 2017 - Kategori Blog

Kamera pinhole atau yang biasa disebut kamera lubang jarum, merupakan sebuah kamera unik, yang bekerja dan dapat memproyeksikan gambar dengan baik walaupun tidak menggunakan lensa. Kamera ini adalah asal mula adanya kamera, dimana kamera hanya terdiri dari sebuah kotak, yang pada bagian tengahnya terdapat sebuah lubang kecil yang berfungsi menangkap cahaya, atau sekarang berfungsi sebagai lensa. CCTV murah semarang

prinsip kerja kamera lubang jarum adalah seperti pada saat kita berdiri pada sebuah ruang kamar yang benar-benar tertutup rapat, namun di dalam ruangan tersebut terdapat sebuah lubang kecil salah satu sisinya. Gelombang cahaya akan ‘bocor’ memasuki lubang ini, sehingga sebuah citra/gambar akan terbentuk pada sisi dinding yang berseberangan dengan lubang tersebut. Citra/gambar terbentuk menyerupai objek yang terletak di luar ruang kamar, hanya saja terproyeksikan secara terbalik.
SEJARAH

Dalam sejarah kamera, kamera lubang jarum yang mempunyai nama pinhole camera adalah cikal bakal kamera sebelum ditemukan kamera berlensa seperti sekarang ini. Prinsip-prinsip kamera lubang jarum itu ditemukan oleh seorang penulis China bernama Moti pada abad 5 SM. Ia menulis “… sinar bergerak melalui garis lurus dan suatu objek akan memantulkan sinar ke segala penjuru”.
Di belahan dunia Barat, Aristoteles ( 4 SM ) merumuskan  teori pencahayaan pada kamera lubang jarum ini “…. mengapa ketika melalui celah segi empat (misalnya anyaman), sinar matahari tidak membentuk segi empat, melainkan bundar?”
Percobaan-percobaan itu terus dilanjutkan dan dikembangkan oleh ahli matematika dan fisika abad ke -10 oleh Ibnu Al-Haitan yang lebih dikenal sebagai Al- Hazen. Kemudian juga oleh pelukis ternama Leonardo Da Vinci (1452-1519). Pada tahun 1475 juga ada seorang astronom di Zaman Renaissance, Pablo Tascanelli samapi akhirnya Sir David Brester (1852). Seorang ilmuwan Skotlandia yang dikenal sebagai fotografer pertama yang membuat kamera lubang jarum yang tidak mempunyai lensa. Prinsip dasarnya kamera lubang jarum ini sama dengan kamera obskura yang dibuat pertama kali oleh Gemma Friscius (1545) yang digunakan untuk merekam gerhana matahari. CCTV murah semarang

PINHOLE KAMERA SAAT INI

Saat ini kamera pinhole atau kamera lubang Jarum (KLJ) digemari kembali oleh masyarakat dunia. Berawal dari kebosanan menggunakan digital camera, maka pinhole camera mulai dikenalkan kembali ke masyarakat. CCTV murah semarang

Di Indonesia tahun 1997, saat teknologi digital mulai booming, fotografer Ray Bachtiar Drajat yang mulai menggunakan kamera digital karena tuntutan pekerjaan sebagai profesional fotografi pun, mulai resah. Ia beranggapan bahwa di dunia pendidikan fotografi Indonesia lebih baik jika “mengetahui sesuatu dari dasarnya dulu”. Maka berawal dari sukses memotret pagar depan rumah tinggal dengan menggunakanpinhole camera kaleng susu 800 gr, dengan negatif kertas Chen Fu, digelarlah workshop perdana pada tahun 2001 di lokasi pembuangan sampah bantar gebang. Ray bachtiar juga yang telah mendirikan Komunitas Lubang Jarum di Indonesia atau KLJI, yang saat ini sudah tersebar di 10 kota di Indonesia.

Ya, virus pinhole camera saat ini bukan hanya menawarkan pendidikan dan hasil foto dengan selera seni tingkat tingginya saja, tetapi juga dapat menjanjikan kelestarian lingkungan. Mengapa?

Karena pinhole camera yang saat ini berkembang, merupakan kamera yang dapat dibuat dengan tangan kita sendiri, dan berbahan dasar kaleng ataupun kaleng bekas. Ini membuat kita bukan hanya belajar lebih kreatif namun juga ikut serta dalam kegiatan penghijauan dengan kamera ini. Penggunaan dan pemanfaatan limbah bekas kaleng dan kotak ini sangat bermanfaat untuk mengurangi polusi sampah di sekitar kita. CCTV murah semarang

CARA MEMBUAT KAMERA LUBANG JARUM

1.Gunakan kaleng atau kotak kecil sebagai badan kamera. Kemarin yang digunakan untuk kamera adalah kaleng biskuit.

2.Keseluruhan badan kamera (interior maupun eksteriornya) di cat hitam (biasanya pake cat doff bukan yang glossy) untuk mencegah adanya refleksi cahaya

3.Buat sebuah lubang kecil di salah satu sisi sebagai jalan masuk cahaya (diafragma). Bila lubang terlalu besar, tutup lubang dengan aluminium, lalu lubangi aluminium dengan jarum.

4.Tempelkan sebuah penutup yang berfungsi sebagai rana (bisa menggunakan lakban hitam) di lubang tersebut untuk mencegah masuknya cahaya saat kita sedang tidak melakukan pemotretan. Untuk mengecek apakah lubang tersebut telah sesuai dengan yang diinginkan, kita dapat mengetahuinya dengan melihat ke dalam sisi belakang kamera.

5.Pada sisi dalam kaleng a.k.a kamera yang berhadapan dengan lubang tersebut, tempelkan juga sebuah double tape untuk menahan kertas foto (biasanya memakai lakban hitam dengan sisi yang lengket ada diluar)

6.Sebagai media perekam cahaya, kita bisa memakai film atau kertas foto. Kertas foto lebih banyak dipilih karena lebih mudah dipegang dan mudah untuk memasangnya di safelight. Sedangkan jika menggunakan film, harus dipasang pada ruang yang gelap total. Yang perlu diperhatikan, kertas foto kurang sensitif terhadap cahaya jika dibandingkan dengan film.

7.Pasang kertas foto yang akan kita gunakan, dengan cara menempelkannya pada dinding dalam kamera pada arah yang berlawanan dengan lubang jarum. Emulsinya harus terletak berhadapan dengan lubang jarum (sisi yang mengandung emulsi biasanya terasa agak lengket bila dipegang

Share

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,